Analisis Kesesuaian Materi Ajar Dengan Standar Isi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Kelas VII Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Analisis Pada Buku Akidah Akhlak Kelas VII Terbitan Aqila)

Sembiring, Muhammad Qudrat (2020) Analisis Kesesuaian Materi Ajar Dengan Standar Isi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Kelas VII Berdasarkan Kurikulum 2013 (Studi Analisis Pada Buku Akidah Akhlak Kelas VII Terbitan Aqila). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhammad Qudrat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesesuaian materi ajar dalam buku Akidah Akhlak pada MTs kelas VII terbitan Aqila dengan standar isi kurikulum 2013. (2) kelayakan isi buku Akidah Akhlak pada MTs kelas VII terbitan Aqila. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu jenis penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data dengan cara membaca dan menelaah buku-buku, jurnal, artikel dan sumber data lainnya. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah dokumen atau biasa disebut dengan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada buku pelajaran Akidah Akhlak kelas VII terbitan Aqila berdasarkan indikator kelengkapan materi ada 2 bab yang sudah sesuai dan ada 8 bab yang kurang sesuai dengan standar isi kurikulum 2013. Berdasarkan indikator keluasan materi ada 4 bab yang sudah sesuai dan ada 6 bab yang kurang sesuai dengan standar isi kurikulum 2013. Dan berdasarkan indikator kedalaman materi ada 1 bab yang sudah sesuai dan ada 9 bab yang kurang sesuai dengan standar isi kurikulum 2013. (2) buku pelajaran Akidah Akhlak kelas VII terbitan Aqila sudah layak untuk digunakan sebagai pedoman pembelajaran bagi guru, dan buku pegangan bagi peserta didik, karena sudah memenuhi 4 dari 5 indikator kelayakan isi pada aspek materi. hanya saja masih ditemui materi yang kurang lengkap atau belum ada dalam buku pelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, Buku Pelajaran, Standar Isi
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Dec 2020 05:06
Last Modified: 04 Dec 2020 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10061

Actions (login required)

View Item View Item