Pengaruh Latar Belakang Pribadi dan Politik, Komitmen Organisasi dan Pengetahuan Anggaran Anggota Dewan Terhadap Pengawasan Realisasi APBD SU Tahun 2019

Hidayah, Citra (2020) Pengaruh Latar Belakang Pribadi dan Politik, Komitmen Organisasi dan Pengetahuan Anggaran Anggota Dewan Terhadap Pengawasan Realisasi APBD SU Tahun 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Final CITRA HIDAYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa latar belakang individu akan berpengaruh terhadap perilaku individu dalam aktivitas politik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah latar belakang pribadi, latar belakang politik, komitmen organisasi dan pengetahuan anggaran baik secara parsial maupun simultan berpengaruh dan signifikan terhadap pengawasan realisasi APBD. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengawasan realisasi APBD. Variabel independennya adalah latar belakang pribadi, latar belakang politik, komitmen organisasi dan pengetahuan anggaran. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari responden dan disebarkan secara langsung. Data yang berhasil dikumpulkan berasal dari 70 responden yang merupakan anggota dewan di Badan Anggaran, Komisi B, C, dan D DPRD Provinsi Sumatera Utara Periode 2019-2024. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 26.0. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pertama, latar belakang pribadi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pengawasan realisasi APBD. Kedua, latar belakang politik tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pengawasan realisasi APBD. Ketiga, komitmen organisasi berpengaruh dan signifikan terhadap pengawasan realisasi APBD. Keempat, pengetahuan anggaran berpengaruh dan signifikan terhadap pengawasan realisasi APBD. Kelima, latar belakang pribadi, latar belakang politik, komitmen organisasi dan pengetahuan anggaran secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap pengawasan realisasi APBD.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Dec 2020 14:22
Last Modified: 01 Dec 2020 14:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item