Analisis pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap Return on Investment (ROI) pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2014-2018

Yuliani, Yuliani (2020) Analisis pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap Return on Investment (ROI) pada Bank Muamalat Indonesia Periode 2014-2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Yuliani_done__fix[1]-6386.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pendapatan bagi hasil pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap ROI pada bank Muamalat Indonesia membarikan pengaruh dan keuntungan yang cukup besar atau tidak. Pengujian ini dikalukan menggunakan SPSS versi 21 yang menyatakan bahwa Pendapatan Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah dan Pendapatan Bagi Hasil Pembiayaan Musyarakah terhadap Return On Invesment (ROI) adalah positif dan signifikan. Hal ini disebabkan oleh tingkat pendapatan bagi hasil pembiayaan sangat mempengaruhi tingkat pengembalian investasi dari hasil pendapatan bagi hasil. Semakin baik pengelolaan pembiayaan maka akan semakin besar pula pendapatan bagi hasil yang diperoleh oleh bank maka akan berpengaruh terhadap peningkatan tingkat pengembalian investasi. Objek penelitian teerdiri dari laporan keuangan bulanan Bank Muamalat Indonesia periode 2014-2018. Metode statistik yang digunakan untuk uji hipotesis penelitian adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan berpengaruh signifikan terhadap Retun On Invesment (ROI). Hal ini diperkuat dengan nilai Hal ini didukung oleh variabel pendapatan bagi hasil pembiayaan musyarakah (X2) t-hitung 3,281> t-tabel 2,02439 dan uji t yang menghasilkan nilai sig t sebesar 0,002<0,05. Dalam hal ini pengaruh pendapatan bagi hasil pembiayaan musyarakah terhadap Return On Invesment (ROI) adalah positif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah, Musyarakah, ROI.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Dec 2020 08:21
Last Modified: 01 Dec 2020 08:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item View Item