Sistem Pendayagunaan Dana Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Mustahik Badan Amil Zakat Nasional Kota Tebing Tinggi. (2020)

Ahmad, Rosian (2020) Sistem Pendayagunaan Dana Zakat Produktif Dalam Pemberdayaan Mustahik Badan Amil Zakat Nasional Kota Tebing Tinggi. (2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ROSIAN AHMAD JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Sistem Pendayagunaan Dana Zakat Produktif Dalam Pemberdayakan Mustahik di Kota Tebing Tinggi. Dalam program pendayagunaan zakat produktif ini, Badan Amil Zakat Nasional Kota Tebing Tinggi berperan memberikan pinjaman dana zakat bergulir kepada mustahik untuk dipergunakan dalam membuka usaha atau upaya mengembangkan usaha yang sudah ada. Program ini menjadi solusi bagi para mustahik untuk dapat memperbaiki perekonomian umat islam, serta upaya memberdayakan mustahik dalam merubah keadaannya dari Mustahik menjadi Muzakki. Penelitian ini dilaksanakan di kantor BAZNAS Kota Tebing Tinggi. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata berbentuk lisan maupun tulisan. Ada beberapa kendala yang dihadapi Badan Amil Zakat Nasional Kota Tebing Tinggi dalam menjalankan program dayaguna zakat produktif ini seperti kurangnya kesadaran bagi si mustahik untuk mengembalikan dana yang sudah di pinjamkan. Ini menjadi kendala utama karena ketika mustahik lainnya yang ingin meminjam untuk membuka usaha itu sulit untuk di berikan karena keterbatasan dana yang ada pada Badan Amil Zakat itu sendiri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:51
Last Modified: 01 Dec 2020 07:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item