Implementasi akreditasi satuan PAUD di Kota Padangsidempuan Kecamatan Padangsidempuan Selatan

Nasution, Revi Hervita Suryani (2020) Implementasi akreditasi satuan PAUD di Kota Padangsidempuan Kecamatan Padangsidempuan Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS REVI ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (assesmen) sekolah yang dilakukan secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah tersebut. Akreditasi mempunyai pengertian sebagai proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan dan kinerja lembaga atau suatu program pendidikan sebagai bentuk akuntabilitas publik, alat regulasi diri (self regulation) di mana sekolah mengenal kekuatan dan kelemahan serta terus menerus meningkatkan kekuatan dan memperbaiki kelemahannya. Pengertian ini akan lebih memberikan makna dalam hasil sebagai suatu pengakuan, suatu sekolah telah memenuhi standar kelayakan yang ditentukan. Kota Padangsidimpuan sebagai salah satu kota di Indonesia tidak luput dari kebijakan untuk melaksanakan akreditasi pada setiap lembaga atau satuan pendidikannya. Sebagian satuan pendidikan telah melaksanakan akreditasi di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Dalam melaksanakan akreditasi,lembaga tentunya tidak lepas dari kendala-kendala yang pasti muncul, baik kendala internal, maupun kendala ekternal. Usaha pemerintah untuk mengembangkan SDM melalui satuan pendidikan PAUD dan PAUD telah mendorong satuan pendidikan untuk memenuhi delapan (8) Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dalam rangka pemenuhan standar tersebut, pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyiapkan satuan pendidikan untuk siap diakreditasi secara berkesinambungan dan terus-menerus dengan harapan proses akreditasi dapat meningkatkan kualitas satuan pendidikan. Terutama di Kota padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan selatan Berdaskan kan hasil wawancara Diperoleh data dari Dinas Pendidikan Kota Padangsdimpuan untuk Kecamatan Padangsidmpuan Selatan dengan jumlah satuan sebanyak 17 diantaranya sudah lebih 50% yang sudah terakreditasi yaitu 9 lembaga yang sudah terakreditasi dan 8 lembaga memperoleh nilai B dan 1 lembaga dengan nilai C. Memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya. Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akreditasi, Satuan PAUD, Padangsidimpuan Selatan
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:46
Last Modified: 01 Dec 2020 07:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10037

Actions (login required)

View Item View Item