Persepsi remaja perokok terhadap peraturan daerah No.3 Tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok (KTR) di Plaza Medan Fair Kota Medan Sumatera Utara

Abidah, Siti Nur (2020) Persepsi remaja perokok terhadap peraturan daerah No.3 Tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok (KTR) di Plaza Medan Fair Kota Medan Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NUR ABIDAH fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Medan diatur dalam Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 3 Tahun 2014 dengan tujuan untuk menciptakan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat, memberikan perlindungan kepada masyarakat dari dampak buruk rokok baik langsung maupun tidak langsung. Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Medan memang sudah dilaksanakan dan dilakukan, tujuh tempat-tempat yang menjadi kawasan tanpa rokok harus bebas dari asap rokok, namun pada kenyataannya pelaksanaan KTR ini masih ada yang melanggar sehingga implementasinya dinyatakan belum maksimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana persepsi remaja perokok terhadap Peraturan Daerah no. 3 tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain eksploratif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan 8 informan. Penelitian ini dilaksanakan di Plaza Medan Fair Kota Medan Sumatera Utara pada bulan Juli 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi remaja perokok terhadap Peraturan Daerah tentang kawasan tanpa rokok (KTR) di Plaza Medan Fair kurang baik, ditentukan dari beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi, yaitu: faktor fisiologis, faktor perhatian, faktor pengalaman. Diharapkan kepada Pelaksana KTR di Plaza Medan Fair Melakukan sosialisasi penerapan kawasan tanpa rokok (KTR) sebagai pemberitahuan secara jelas dan konsisten kepada pelaksana kebijakan untuk mewujudkan penerapan kawasan tanpa rokok yang efektif, menambah sarana dan prasarana yang mendukung kebijakan kawasan tanpa rokok serta menetapkan sanksi yang tegas terhadap pelanggara peraturan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Remaja, Kawasan Tanpa Rokok
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:34
Last Modified: 01 Dec 2020 05:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item