Sistem Pengendalian Intern Piutang Dalam Mengelola Piutang Macet (Studi Kasus Pada PNPM-Mandiri Perdesaan Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu)

Pane, Siti Aminah (2020) Sistem Pengendalian Intern Piutang Dalam Mengelola Piutang Macet (Studi Kasus Pada PNPM-Mandiri Perdesaan Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI AMINAH PANE 2.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai bentuk upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah kemiskinan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan program PNPM Mandiri sejak tahun 2007 dan berakhir pada tahun 2015. Namun salah satu program PNPM Mandiri yaitu SPP (Simpan Pinjam Perempuan) masih berjalan hingga saat ini karena program dianggap baik dan masih banyak piutang yang beredar. Tidak sedikit dalam piutang sering ditemui masalah seperti piutang macet, meskipun dalam pengelolaan SPP ini sudah sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), dan berbagai macam cara dalam penyelesaian piutang bermasalah sudah dilakukan tetap saja terjadi piutang macet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perhitungan kolektibilitas piutang dan hasil perhitungan NonPerforming Loan terhadap kolektibilitas piutang SPP di Bilah Barat selama tahun 2016 s/d 2018, kemudian untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian intern piutang yang diterapkan oleh PNPM Mandiri bagian SPP Bilah Barat dalam mengelola piutang macet. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya pengendalian internal yang terjadi di PNPM bagian SPP Bilah Barat. Adapun metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini (1) Rata-rata persentase kolektibilitas piutang selama 3 (tiga) tahun terakhir yaitu dari tahun 2016 s/d 2018 untuk kategori lancar sebesar 28,72%. (2) Rata-rata persentase NonPerforming Loan sebesar 61% karna melebihi 10% NPL untuk SPP Bilah barat termasuk dalam kategori risiko tinggi (high) yang artinya pengelolaan intern piutang macet SPP Bilah Barat masih tidak efektif. (3) Pengendalian intern piutang yang diterapkan PNPM Mandiri bagian SPP Bilah Barat sudah bagus, yaitu dengan menggunakan sistem tanggung renteng. Didalam Al-qur‟an surah Al-Baqarah ayat 280, hendaklah pemberi pinjaman memberi keringanan waktu bagi peminjam jika ia tidak mampu membayarnya sesuai waktu yang telah ditentukan, namun menyedekahkan sebagian atau seluruh pinjaman itu lebih baik jika memang si peminjam benar-benar tidak mampu membayarnya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Intern, Piutang, Pengelolaan Piutang Macet
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:26
Last Modified: 01 Dec 2020 05:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10028

Actions (login required)

View Item View Item