Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Swasta Cipta Simpang Dolok T.P 2019/2020

Nurliana, Nurliana (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Swasta Cipta Simpang Dolok T.P 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Nurliana_0310161002_FITK_Tadris Biologi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok T.P 2019/202. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAS Cipta Simpang Dolok yang berjulah 91 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal kemampuan berpikir kritis dan 20 soal tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini adalah uji paired simple t test dengan bantuan program SPSS 20.00. Dari hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung = 24,418 dan ttabel = 2,045 yang artinya Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok T.P 2019/2020. Sedangkan dari hasil analisis hasil belajar diperoleh thitung = 22,381 dan ttabel = 2,405 yang artinya artinya Ho ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran probing promting terhadap hasil belajar siswa kelas XI MAS Cipta Simpang Dolok T.P 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Probing Promting, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Nov 2020 07:47
Last Modified: 30 Nov 2020 07:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10010

Actions (login required)

View Item View Item